BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pendidikan
sejatinya sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat, karena pendidikan
berpengaruh kepada pola piker, pola prilaku. semakin tinggi tingkat
pendidikannya maka akan semakin bagus dan baik pula ucapan dan prilakunya.
Pendidikan ada 3 macam yaitu pendidikan formal, non formal dan informal sekolah
termasuk pendidikan formal fungsi lembaga sekolah diantaranya mempersiapkan
manusia yang terdidik dan trampil, memperbaiki masa depan.
Fokus
utama lembaga pendidikan terletak pada upaya sosialisasi norma-norma yang
dijunjung tinggi, dan akan diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya.
Dalam proses sosialosasi ini, diharapkan warga masyarakat akan memiliki
pengertian kemampuan , dan sikap yang diharapkan oleh masyarakat yang
bersangkutan. Pendidikan merupakan sarana yang efektif untuk membangun manusia
yang seutuhnya. Dalam zaman semakin kompleks tuntutan akan pentingnya
pendidikan semakin besar mengingat arus perkembangan dunia yang semakin cepat.
Bahkan ada yang mengatakan bahwa jika pendidikan berhenti maka berhentilah
dunia ini, artinya selama dunia masih tetap ada maka pendidikan akan selalu
berlangsung hal ini di perlukan karena pendidikan merupakan tuntutan kehidupan
yang membutuhkan tanggapan yang cermat dalam mencerdaskan bangsa sehingga mampu
menghadapi tuntutan global.
Melalui
proses pendidikan seorang anak dapat memiliki sikap pengetahuan maupun
keterampilan yang semuanya merupakan wujud abstrak dari kebudayaan.
Pada masa-masa
SLTA, adalah masa-masa yang paling rentan siswa melalukan
penyimpangan-penyimpangan sosial, termasuk bolos sekolah, pelajaran SLTA
cenderung hanya memikirkan egonya sendiri, hanya memikirkan kesenangan diri
sendiri. Tidak jarang orang tua mengeluh atas tindakkan anak-anaknya. Mereka
berifikan sudah dewasa, dan tidak perlu diingatkan lagi untuk melakukan
sesuatu sehingga jika orang tua sedang
menasehati biasanya anak cenderung kurang memperhatikan dan tidak mau
mendengarkan orang tuanya.
Bolos
sekolah (membolos) merupakan salah satu prilaku tindakan menyimpang. Perilaku
menyimpang adalah segala bentuk pola perilaku yang tidak sesuai dengan nilai
dan norma sosial dalam masyarakat banyak pelajar terutama pelajar laki-laki
yang membolos sekolah tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada siswa …………………..
Dengan
melakukan penelitian mengenai “fenomena Bolos Sekolah” untuk mengetahui
penyebab-penyebab dan dampak bolos sekolah bagi siswa yang bolos sekolah.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Apa yang menyebabkan bolos sekolah.
2.
Bagaimana dampak bagi siswa yang bolos
sekolah
3.
Bagaimana pengaruhnya pada prestasi bagi
siswa yang membolos sekolah.
C.
.
Tujuan Penulisan
1.
Untuk mengetahui penyebab siswa bolos
sekolah
2.
Untuk mengetahui dampak siswa bolos
sekolah
3.
Untuk mengetahui dampak bolos sekolah
kepada prestasi siswa
D.
Manfaat
Penelitian
a. Bagi
peneliti
Memberikan pengetahuan dan wawasan
tentang penyebab, dampak dan pengaruh bolos sekolah bagi siswa
b. Bagi
siswa
Memberikan pengetahuan kepada siswa
tentang pentingnya pendidikan bagi masa depan siswa
c. Bagi
sekolah
Memiliki siswa-siswi yang rajin dan
tertib untuk mentaati peraturan sekolah.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.
Kajian
teori dan Penelitian Relevan
Pendidikan menurut beberapa tokoh
a.
Menurut Prof H. Mahmud Yunus
Pendidikan
adalah suatu yang dengan sengaja dipilih untuk memengaruhi dan membantu anak
yang tujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan
b.
Menurut Prof Dr. John Dewey
Pendidikan
merupakan suatu proses pengalaman, karena kehidupan merupakan pertumbuhan maka
pendidikan berarti membantu pertumbuhan batin manusia tanpa dibatasi oleh usia.
Belajar menurut beberapa tokoh
a.
Menurut winkel
Belajar
adalah semua aktivitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi
aktif dalam lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengelolaan
pemahaman
b.
Menurut moh surya
Belajar
adalah suatu proses usaha yang di lakukan individu untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu
itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkunan
Cara belajar yang efektif
a.
Belajar kelompok
Belajar
kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena
ditemani oleh teman .
b.
Rajin membuat cacatan intisari pelajaran
bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya
dibuat dicacat dikertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehngga
dapat dibaca dimanapun kita berada.
c.
Membuat perencanaan yang baik untuk
mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik oleh karena itu
ada baiknya kita membuat rencana belajar dan rencana percapaian nilai untuk
mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu
ditingkatkan.
d.
Menjadi aktiv bertanya dan ditanya, jika
dalam hal yang belum jelas maka Tanyakan kepada guru, teman atau orang tua jika
kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabanya,
Pengertian bolos sekolah.
Bolos sekolah adalah
keadaan dimana siswa tidak datang kesekolah untuk mengikuti pelajaran
sebagaimana mestinya pada jam yang telah ditetapkan.
BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
A.
Tempat
Dan Waktu Penelitian
B.
Jenis
Penelitian
Penelitian
kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan
cenderung menggunakan analisis landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar
fokus penelitian sesuai dengan fakta dilapangan
Penelitian deskriptif
Penelitian ini digunakan untuk memberikan gambaran
mengenai suatu permasalah sosial
C.
Data
Sekunder
Kelas
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
X
|
67
|
82
|
159
|
XI
|
32
|
56
|
88
|
XII
|
48
|
49
|
97
|
|
|
|
344
|
D.
Teknik
Pengumpulan Data
Wawancara
Wawancara merupakan teknik pengumpulan
data secara langsung antara peneliti dan informasi yang dilakukan melalui
percakapan
Wawancara
langsung
Yaitu
wawancara yang dilakukan dengan seseorang untuk memperoleh keterangan mengenai
orang tersebut
Dalam
hal ini peneliti mewawancarai beberapa orang :
a.
Nama :
Anggi
Kelas :
Tempat
tinggal : Rajawali
b.
Nama :
Pamengku
Kelas :
Tempat
tinggal : Banjar Margo
c.
Nama :
Andi Saputra
Kelas : XII
Tempat
tinggal : Kibang Mulya Jaya
BAB
IV
HASIL
PENELITIAN
A.
Deskripsi
Lokasi Penelitian
Tahun
Pelajaran
|
Kelas
1(satu)
|
Kelas
2 (dua)
|
Kelas
4 ( tiga)
|
Jumlah
Kelas (1+2+3)
|
2012/2013
2013/2014
2014/2015
|
100
111
89
|
107
95
101
|
103
94
89
|
310
300
279 |
…………..terdapat
sarana prasarana diantaranya tuang kelas 13, perpustakaan 1 Ruang Lab. IPA 1
Ruang Lab Komputer 1, ruang pimpinan 1, ruang guru 1, ruang usaha 1, ruang
konseling 1, tempat beribadah 1, ruang UKS 1, jumlah 6 , ruang osis 1,
Tenaga pendidik diantaranya, Guru PNS
berjumlah 8, dan Guru honorer berjumlah 18
B.
Data
Temuan Penelitian
1.
Penyebab siswa bolos sekolah
Dari
hasil wawancara ternyata yang menyebabkan siswa bolos sekolah adalah karena
mereka malas (tidak suka) terhadap salah satu mata pelajaran. Selain itu mereka
juga merasa bosan dengan suasana dikelas
2.
Dampak
Dampak
yang dirasakan siswa yang melakukan bolos sekolah diantaranya, ketinggalan
pelajaran, kurang bersosialisasi dengan teman
3.
Pengaruh
Mereka
sebenarnya telah merasakan pengaruh bolos bagi prestasi mereka, seperti mandapat
nilai kecil karena tidak ada bahan untuk belajar, merasa jauh dengan teman yang
lain karena mereka jarang bergaul dengan teman dikelas.
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa melakukan bolos sekolah karena merasa
malas (tidak suka) terhadap salah satu mata pelajaran dan merasa bosan terhadap
suasana dikelas.
Dampak yang dirasakan siswa yang
membolos sekolah adah ketinggalan pelajaran dan kurang bersosialisasi dengan
teman.
Meraka sebenarnya telah merasakan
pengaruh dan dampak dari bolos sekolah terhadap prestasi mereka disekolah.
Tetapi mereka tetap saja melakukannya, dengan alasan malas.
B.
Saran
1. Sekolah
terutama guru harus bisa mengsosialisasikan pengaruh buruk bolos sekolah kepada
siswa
2. Siswa
harus memiliki teman yang baik agar tidak lagi membawa keperbuatan yang jelek
atau buruk
3. Suasana
kelas harus dirubah manjadi tempat yang menyenangkan bukan lagi tempat yang
membosankan.
12 comments:
tks sekali untuk postingannya
Mantap men.....
Ijin buat jadi reverensi ya.... :)
tengkyuu..:)
makasih kaka :)
mantep
Thanks for answer
tєrímαkαѕí untuk cσntσh чg dí вєríkαn
Makasih
You are welcome"han"
Ijin jadi referensi makalah aku yah kk😊🙏thanks
terima kasih artikelnya sangat membantu, kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi khususnya untuk absensi sekolah berbasis sms gateway terhubung langsung dengan HP orang tua, cocok juga untuk absensi pegawai kantor, untuk lebih jelasnya silahkan hubungi website kami www.schoolmantic.com
Izin buat tugas penelitian kak
Post a Comment